sukses dimulai dari mimpi

contoh awan

SINOPSIS
MENGENAL MACAM-MACAM AWAN

Seorang anak (Iwan) sedang merenung diteras depan rumahnya. Ia pun melamun melihat sekeliling rumahnya. Ia pun melihat berbagai awan di langit, tiba-tiba ia mengingat tentang mata pelajaran geografi yang membahas tentang awan, tetapi sayangnya ia tidak begitu dapat membedakan awan-awan tersebut. Ia pun mencoba bertanya kepada salah seorang kakaknya (Sari), tetapi kakaknya pun tidak begitu paham. Karena penasaran ia bertanya kepada salah seorang teman sekelasnya (Agus). Tetapi karena tidak begitu menguasai temannyapun mengajaknya ke rumah salah seorang guru geografi yang kebetulan adalah tetangganya, kemudian ia bertanya kepada ibu guru (Bu Siska). Lalu bu Siska pun mencoba menerangkan macam-macam awan kepada kedua siswa tersebut. Bu Siska pun menerangkan perbedaan-perbedaan awan-awan sambil memperlihatkan gambar awannya. Kemudian terjadilah diskusi antar siswa dan guru tersebut.
Banyak hal yang didiskusikan antara lain seperti perbedaan-perbedaan awan dan ciri-ciri masing-masing awan. Setelah diskusi ini Iwan dan Agus pun menjadi lebih paham tentang macam-macam awan.  

TREATMENT
(MACAM-MACAM AWAN)

01. Opening
Tampilan beberapa gambar awan dan sekilas apa yang akan dibahas. Kemudian diikuti logo Universitas Negeri Yogyakarta mempersembahkan, judul program dan penulis naskah (diberi background music latar belakang)
02. Presenter berjalan dari dalam menuju halaman yang memperlihatkan latar belakang awan (awan terlihat jelas) sambil membawa buku panduan kemudian menyapa pemirsa dan menyampaikan garis besar keterangan mengenai macam-macam awan.
03. LS: pemandangan langit, melihatkan pemain pertama sedang duduk di teras rumahnya.
04. LS: pemain pertama mulai melihat-lihat langit dan mulai membahas tentang awan.
05. MCU: pemain pertama mulai membahas tentang awan sambil berbicara sendiri.
06. CU: memperlihatkan sekeliling rumah, pemain utama mulai meninggalkan rumah menuju rumah Agus.
07. OSS to LIVE : Iwan dan Agus menuju rumah Bu Siska
08. LIVE to OSS : Percakapan antara Ibu Siska, Agus dan Iwan.
09. OSS to LIVE : Iwan dan Agus duduk di ruang tamu rumah Ibu Siska, sambil membaca-baca majalah dan koran.
10. Presenter (OS) menyampaikan hal-hal penting yang telah disampaikan guru.
11. Closing
Presenter menutup program dengan memberi rangkuman (disertai caption) dan semoga video ini tepat sasaran. Muncul credit title dan caption “selesai” disertai musik.


SKENARIO
(JUDUL : MACAM-MACAM AWAN)

NO VIDEO AUDIO
01 Kamera menunjuk pada langit yang berawan-awan.

SUPER IMPOSE (S/I):
Logo Konsorsium
Mempersembahkan :

MACAM-MACAM AWAN

CAPTION – WIPE
Penulis Naskah : Renny Natalia R
F1: MUSIK INSTRUMENT (SUARA BURUNG BERKICAU)

F1 : TUNE MUSIK
02 LIVE: PRESENTER
Berjalan dari dalam menuju halaman yang memperlihatkan latar belakang awan (awan terlihat jelas) sambil membawa buku panduan. PRESENTER:
Pemirsa selamat berjumpa dengan program video pembelajaran mata pelajaran Geografi. Pada kesempatan kali ini akan dibahas Macam-Macam Awan. Setelah anda melihat tayangan ini diharapkan Anda akan mampu memahami macam-macam, perbedaan, dan cirri-ciri awan.
Siswa siswi tercinta, pada mata pelajaran Geografi pastilah terdapat bab yang membahas tentang awan. Bab ini sangat penting apalagi materi ini sering keluar saat Ujian Akhir Nasional. Baiklah siswa siswi sekalian untuk memahami materi tentang macam-macam awan akan ditampilkan video drama. Selamat menyaksikan.
CAPTION: ANIMASI WIPE OUT

TAHAP MEMPERKENALKAN MACAM-MACAM AWAN MUSIK TRANSISI CEPAT
FI – FO
03 LIVE, HALAMAN RUMAH, PAGI
Suasana di halaman rumah (kamera mulai menshot bagian-bagian halaman rumah). Langit begitu cerah berawan, dan pagi itupun tampak indah. Tampak Iwan sedang duduk-duduk diteras rumah sambil melamun mengarah ke atas (diperlihatkan sedikit demi sedikit menuju langit-langit)
MUSIK INSTRUMENT (SUARA BURUNG BERKICAU)

04 LIVE, HALAMAN RUMAH, PAGI
Perlahan-lahan kamera yang fokus ke langit dengan awan-awan menuju ke pemain 1 (Iwan) yang sedang duduk di teras rumahnya. PEMAIN 1 (IWAN)
Hmmm, pagi ini begitu cerah sekali, gak percuma aku bangun pagi-pagi walaupun libur sekolah seperti ini.
Oh iya pagi ini kok sepi sekali rumah ini, em mungkin bapak dan ibu sudah berangkat bekerja ya. Wah enaknya mending nongkrong didepan teras seperti ini, lumayan kalau ada gadis desa lewat (sambil tersenyum).

05 LIVE to MCU, HALAMAN RUMAH, PAGI
Memperlihatkan langit-langit yang terdapat banyak awan, tidak begitu panas tetapi tidak mendung. Suasana begitu sejuk. Kamera menuju MCU Iwan

MCU to LIVE
Iwan masuk ke rumahnya dan mencari kak Sari.

LIVE to OSS IWAN :
Wah langit begitu indah, tampak banyak sekali awan-awan. Em coba aku tebak, itu…awaan circus kan? Hah benar circus kan awan yang terletak di bawah,
Eh tapi yang lain namanya awan apa ya ? banyak sekali awannya. Coba aku tanya kak Sari siapa tau dia lebih menguasai materi awan ini, dia kan lebih dewasa dan pasti sudah pernah diajar waktu ia duduk di SMA dulu, dia kan anak IPS, semoga lah dia tau.

IWAN :
Kak Sar, kamu tau tentang macam-macam awan ga?
SARI :
Aku sudah lupa wan (sambil berteriak di dapur) malas mengingatnya, nanti kalau aku sibuk nginget materi itu nanti masakan ku jadi ga enak ni.
IWAN :
Ah kamu kak, aku penasaran banget ni, aku lupa-lupa ingat tentang materi itu.
SARI :
Emang kenapa sih, kamu besok ulangan tentang awan ya ? Kakak sudah lupa, kan udah lama banget materi itu kakak pelajari, toh kakak juga ga ngambil jurusan geografi waktu kuliah, jadi udah ga inget lah wan.
IWAN :
Enggak sih kak, bukan buat ulangan besok, tapi aku penasaran aja, barusan aku ngliatin langit yang banyak awannya, nah aku coba tebak salah satu awan, tapi aku juga agak lupa sih nama awannya, aku pikir kak Sari tahu, jadi aku tanya kakak.

SARI :
Huuu, kamu yang baru aja nerima materi dari gurumu aja udah lupa apalagi aku yang udah bertahun-tahun ga mempelajari itu, coba deh kamu tanya temen kamu yang mungkin bisa membantu.
IWAN :
Oh benar juga, coba deh aku ke rumah Agus, dia kan pintar pelajaran geografi, sebentar ya kak aku ketempat Agus, kalau Bapak Ibu mencariku bilang aku ditempat Agus.
SARI :
Oke, jangan malam-malam lo pulangnya, nanti Bapak Ibu mengira kamu main.
IWAN :
Oke kak.

06 CU :
Memperlihatkan sekeliling rumah, Iwan meninggalkan rumah menuju rumah Agus.

CU to CS :
Iwan memencet bel rumah Agus. Diperlihatkan bel secara utuh.
CS to OSS

MUSIK PENGIRING
(Perjalanan ke rumah Agus)

MUSIK PENGIRING
(Bel rumah Agus)

AGUS :
Hai wan, tumben kamu main kerumahku, ada apa ?
IWAN :
Em, maaf sebelumnya gus aku mengganggumu siang-siang begini. Kamu lagi sibuk ga ?
AGUS :
Ah santai saja wan, ini juga hari libur kan, aku kalau liburan begini hanya dirumah saja kok ga ngapa-ngapain, paling lihat tv.
IWAN :
Aku mau tanya sesuatu gus ?
AGUS :
Mending ngomong di dalam deh wan, aku juga sendiri kok dirumah, keluargaku lagi pada pergi ni. Ayo masuk wan.
IWAN :
Ga usah gus diluar aja, aku hanya mau bertanya tentang macam-macam awan kok. Kamu masih ingat ga pelajaran geografi tentang bab itu ?
AGUS :
Ha? Macam-macam awan, itu kan kita pelajari semester lalu kan wan ? kenapa kamu tiba-tiba materi itu ?
IWAN :
Enggak aku tadi tu tiba-tiba sekilas inget tentang materi itu, eh tapi aku lupa, aku tanya sama kakakku dia juga lupa.
Kamu kan pintar gus, ayo beritahu aku memperdalam materi awan.
AGUS :
Ah aku juga ga begitu menguasai materi itu wan, aku kira materi itu kurang penting.
IWAN :
Ya ampun gus, semua materi yang disampaikan guru kepada kita itu penting lo, mana ada materi yang agak penting apalagi nggak penting, semua materi itu sama pentingnya.
AGUS :
Ya udah gini aja, aku kan lupa gimana kalau kita tanya Bu Siska, rumah Bu Siska kan dekat wan, kita bisa jalan kaki menuju rumah Bu Siska, apa mau naik sepeda ?
IWAN :
Oh iya, Bu Siska kan guru geografi ya, walaupun dia tidak mengajar kita sewaktu materi ini tapi dia tahu lah tentang materi ini, kan lulusan sarjana geografi, guru pula.
Naik sepeda aja gus, aku sudah naik sepeda ni, ga enak kalau kamu trus jalan kaki.
AGUS :
Oke tunggu bentar yang wan, aku keluarin sepedaku dulu, sekalian aku kunci semua pintu rumah, soalnya ga ada orang.
IWAN :
Oke gus, aku tunggu di teras aja ya.

07

OSS to LIVE :
Iwan dan Agus menuju rumah Bu Siska yang tak jauh dari rumah Agus. Kebetulan hari itu hari libur sehingga dipastikan Bu Siska ada dirumah.

LIVE, Rumah Ibu Siska, Siang
Iwan dan Agus sampai di rumah Ibu Siska lalu mereka mengetok pintu rumah Ibu Siska.
MUSIK PENGIRING
Jalan raya menuju rumah Bu Siska.

MUSIK PENGIRING :
Suara pintu diketok

08 LIVE to OSS
Percakapan antara Ibu Siska, Agus dan Iwan. IWAN :
Permisi, selamat siang…
IBU SISKA :
Selamat siang, Iwan, Agus tumben kalian main ke rumah Ibu, ada apa nak ?
AGUS :
Bu Siska hari ini sibuk ga ?
IBU SISKA:
Enggak kok, baru saja ibu pulang dari rumah saudara ibu, jadi ibu tidak sibuk hari ini. Bagaimana gus ?
AGUS :
Begini bu, tadi tiba-tiba si Iwan ke rumah saya dan ia bertanya tentang macam-macam awan, nah saya sudah lupa tentang hal itu, makadari itu saya datang kesini untuk bertanya kepada Ibu, mungkin Ibu bisa membantu ?
IBU SISKA :
Wah wah kalian, bukannya materi tersebut baru saja diterangkan oleh guru kalian? Kalian kelas XI kan? Pasti dapat dong materi itu ?
IWAN :
Iya bu tapi lupa saya, hanya ingat dikit-dikit, semakin diingat semakin bingung, hehehe
IBU SISKA :
Dasar kalian ini, pasti di kelas tidak memperhatikan ya waktu guru kalian menerangkan? Oh ya ayo masuk dulu, nanti ibu terangkan di dalam ya nak.
IWAN & AGUS : Baik bu.

09 OSS to LIVE :
Iwan dan Agus duduk di ruang tamu rumah Ibu Siska, sambil membaca-baca majalah dan koran.
IBU SISKA :
Maaf lama menunggunya ya. Oh iya ini ibu baru saja mencarikan buku yang membahas lebih dalam tentang macam-macam awan. Mungkin ini bisa menolong.
IWAN :
Oh iya bu coba deh kami baca-baca terlebih dahulu.
AGUS :
Wah lumayan ni referensi baru.
BU SISKA :
Oh saat pertemuan guru kemarin ibu mendapat video tentang awan, sebentar ibu carikan. Kalian baca-baca dulu ya.
AGUS DAN IWAN :
Ya bu.
IBU SISKA :
Ini cdnya tentang awan, bagaimana kalau kita lihat saja video ini, nanti ibu sedikit demi sedikit menerangkan sambil melihat video.
10 CAPTION :
Guru memperlihatkan video berupa gambar-gambar awan

INSERT :
Bu Siska memperlihatkan video awan sambil menjelaskannya.
IBU SISKA :
Awan adalah sekumpulan tetesan air/kristal es di dalam udara di atmosfer yang terjadi karena pengembunan/pemadatan uap air yang terdapat dalam udara setelah melampaui keadaan jenuh. Kondisi awan dapat berupa cair, gas, dan padat karena dipengaruhi oleh suhu.
Awan itu sendiri dikelompokkan menjadi 3 yaitu awan tinggi (cirus), awan sedang (alto) dan awan rendah (strato).
Awan tinggi yaitu terletak pada kawasan tropis, awan ini terletak di ketinggian 6–18 km, pada kawasan iklim sedang, awan ini terletak di ketinggian 5–13 km, sedangkan pada kawasan kutub terletak pada 3–8 km.
Awan tinggi ini sendiri terbagi menjadi tiga kelompok yaitu awan sirus, awan sirostratus, awan sirokumulus.
Awan sirus, awan ini halus, dan berstruktur seperti serat dan bentuknya mirip bulu burung. Awan ini juga sering tersusun seperti pita yang melengkung di langit, sehingga seakan – akan tampak bertemu pada satu atau dua titik horizon. Ciri-ciri awan ini yaitu tidak menimbulkan hujan, terdiri daripada hablor air yang terjadi disebabkan suhu terlalu dingin pada atmosfer, ditiupkan angin timuran yang bergelora. Awan ini berwarna putih dengan pinggiran tidak jelas.
Awan sirostratus, bentuknya seperti kelambu putih yang halus dan rata menutup seluruh langit sehingga tampak cerah, bisa juga terlihat seperti anyaman yang bentuknya tidak teratur. Ciri awan sirostratus ini adalah awan ini juga menimbulkan hallo (lingkaran yang bulat) yang mengelilingi matahari dan bulan yang biasa terjadi pada musim kering.
Awan Sirokumulus adalah awan ini bentuknya seperti terputus–putus dan penuh dengan kristal-kristal es sehingga bentuknya seperti sekelompok domba dan sering menimbulkan bayangan.
Selanjutnya awan sedang atau yang disebut alto adalah awan yang terletak pada kawasan tropis awan ini terletak pada ketinggian 2–8 km, pada kawasan iklim sedang terletak pada ketinggian 2–7 km, sedangkan pada kawasan kutub terletak pada ketinggian 2–4 km.
Awan sedang dibagi menjadi 2 kelompok yaitu Altokumulus, Altostratus.
Awan Altokumulus memiliki ciri-ciri yaitu awan ini kecil – kecil, tapi jumlahnya banyak, awan alto cumulus berwarna kelabu atau putih dilihat pada waktu senja, biasanya berbentuk seperti bola yang agak tebal, awan ini bergerombol dan sering berdekatan sehingga tampak saling bergandengan, tiap–tiap elemen nampak jelas tersisih antara satu sama lain dengan warna keputihan dan kelabu yang membedakannya dengan Cirro Cumulus.
Awan Altostratus memiliki ciri-ciri yaitu awan alto stratus berwarna kekelabuan dan meliputi hampir keseluruhan langit, awan ini menghasilkan hujan apabila cukup tebal, awan – awan di atas terbentuk pada waktu senja dan malam hari dan menghilang apabila matahari terbit di awal pagi.
Yang terakhir awan rendah (Strato) adalah awan yang terletak pada ketinggian kurang dari 3km.
Awan rendah ini tergolong menjadi 3 yaitu Stratokumulus, Awan Stratus, Awan Nimbostratus.
Stratokumulus yaitu awan ini berbentuk seperti bola – bola yang sering menutupi seluruh langit sehingga tampak seperti gelombang. Lapisan awan ini tipis dan tidak menghasilkan hujan. Awan ini berwarna kelabu / putih yang terjadi pada petang dan senja apabila atmosfer stabil
Awan Stratus yaitu awan ini cukup rendah dan sangat luas. Tingginya di bawah 2000 m. Lapisannya melebar seperti kabut dan berlapis.
Awan Nimbostratus yaitu bentuknya tidak menentu dengan pinggir compang – camping. Di Indonesia awan ini hanya menimbulkan gerimis. Awan ini berwarna putih kegelapan yang penyebarannya di langit cukup luas.
IWAN :
Wah setelah aku tangkap ini bisa disingkat lo bu untuk mempermudah.
IBU SISKA :
Apa wan ?
IWAN :
CAS mulai atas kan cirus bu, trus alto dan terakhir strato.
IBU SISKA :
Oh iya, itu termasuk inovasi lo wan, bagus pemikiranmu.
AGUS :
Wah Iwan ternyata memperhatikan, hahahaha
IWAN :
Iya dong aku kan yang tanya, eh sudah sore ini, ayo kita pulang Gus.
AGUS :
Ayo, Bu Siska kita pamit ya bu, sudah sore besk kita sekolah juga, nanti bapak dan ibu mencari kita.
IBU SISKA :
Memang kalian tadi tidak ijin dahulu sama orangtua kalian ?
AGUS : Sudah bu, tapi kan ini sudah sore. Terimakasih ya bu atas infonya dan ilmunya.
IBU SISKA :
Iya sama-sama, maaf ibu ga bisa memberikan apa-apa. Besok kalau ada masalah kita diskusikan lagi ya.
IWAN :
Iya bu, mari bu.
(Bersalaman)
11 LIVE : PRESENTER DI HALAMAN RUMAH, SORE
Menyampaikan ringkasan materi yang telah disampaikan. Demikian percakapan Ibu Siska, Agus dan Iwan tentang macam-macam awan. Ternyata awan itu memiliki 3 kategori yaitu Awan Tinggi (Cirus), Awan Sedang (Alto) dan Awan Rendah (Strato).
Setiap awan tersebut memiliki beberapa bagian yang telah disampaikan Ibu Siska tadi. Ketiga kategori ini dapat lebih dipermudah dengan singkatan CAS.
12 CLOSING : PRESENTER DI HALAMAN RUMAH, SORE
Presenter menutup program acara dengan memaparkan manfaat. Itu tadi yang dapat dibahas tentang macam-macam awan, semoga video ini dapat membantu siswa-siswi agar lebih paham mengenai macam-macam awan.
Terimakasih atas perhatian kalian, semoga video ini bermanfaat.

MUSIK PENGIRING
(Penutup)
CAPTION
CREDIT TITLE : ANIMASI WIPE

PELAKU :
Ibu Siska
Iwan
Agus
KAMERAWAN : …………………..
PENATA MUSIK : ………………..
PENATA LAMPU : ……………….
PENATA SUARA : ……………….
EDITOR : ………………….
PEMBANTU UMUM : …………….

CAPTION : ANIMASI WIPE
UCAPAN TERIMAKASIH :
1. …………………………
2. …………………………
3. …………………………
4. DST. MUSIK INSTRUMENT (MENYESUAIKAN)
CAPTION : ANIMASI WIPE

SELESAI FI TO FO

TUNE MUSIK

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: